5 Daftar Kuliner di Lombok yang Khas dan Wajib Dicoba

Lombok adalah salah satu Referensi Liburan Akhir Tahun yang lumayan sering ditemui wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara di samping Bali. Lombok semakin hari semakin tidak sedikit didatangi wisatawan, khususnya yang hendak menikmati keindahan alamnya. Namun rupanya cukup tidak sedikit juga kuliner di Lombok yang sayang andai tidak dicoba. Berikut ini susunan wisata kuliner di Lombok yang wajibdiusahakan ketika berwisata ke Lombok.

 

  1. Nasi Sukaraja

Nama Nasi Sukaraja ini cocok dengan nama desa asalnya, yakni Desa Sukaraja yang sedang di Ampenan, kota Mataram. Jika Anda hendak mencicipinya, datanglah ke sana langsung.

Sebenarnya nasi sukaraja ialah nasi campur, yang dapat dipilih sendiri lauknya. Namun perbedaan dan keanehan dari nasi sukaraja ini terdapat pada campurannya yang berasal dari suku sasak, yaitu gabungan olah-olah.

Olah-olah ialah sayuran khas suku sasak yang dimasak dengan bumbu danpun santan. Cara mengubah makanan ini pun masih tradisional sampai-sampai kelezatannya tetap terjaga sampai saat ini.

 

  1. Nasi Puyung

Nasi Puyung serupa dengan nasi Sukaraja, yakni sama-sama adalah nasi campur. Hanya saja, nasi puyung ini memiliki karakteristik yang berupa makanan pedas yang paling pedas.

Kuliner di Lombok

Kuliner di Lombok

Di dalam nasi puyung seringkali ada kentang goreng kremes, sambal, biji kedelai goreng, dan pun sambal daging. Sambal yang dipakai juga sambal khas Lombok suku sasak.

Menurut situsĀ Agen Sbobet Bola untuk menikmatinya, usahakanlah datang ke Lombok Tengah. Namun andai agenda wisata kita tidak terdapat yang mengarah ke Lombok Tengah, maka nasi puyung pun masih dapat dinikmati di warung atau lokasi makan di dekat bandara.

 

  1. Sate Bulayak

Satu lagi sate khas Lombok yang dapat dinikmati, yakni sate Bulayak. Sate bulayak ialah makanan dari sate yang dimakan bareng bulayak. Bulayak tersebut sendiri ialah seperti ketupat, tetapi bentuknya panjang.

Selain tersebut bulayak tidak diciptakan dari daun kepala, namundiciptakan dengan daun aren sebagai pelapisnya. Di samping dari bulayak, sate bulayak ini pun khas dari bumbu yang digunakan.

Bumbunya ialah terbuat dari santan dan pun miri atau kemiri. Bagi menikmatinya, usahakanlah mampir ke kota Mataram, yakni di sepanjang jalan Udayana. Sementara itu, dapat juga mampir ke Pantai Senggigi atau Taman Hutan Suranadi yang adalah salah satu Tempat Wisata di Lombok yangdapat dikunjungi.

 

  1. Kelaq Batih

Kelaq batih ialah kuliner khas Lombok yang lumayan sulit guna didapatkan, sebab kebanyakan rumah santap atau restoran tidak lagimemasarkan makanan yang satu ini. Padahal rasanya lumayan enak dan khas.

Makanan ini diciptakan dari biji buncis tua dan pun daun singkong muda. Kelaq Batih mempunyai bumbu dari rempah-rempah, laksana kencur, cengkeh, cabe, bawang, terasi, merica, dan pun ketumbar.

Biji buncis tadi direbus sampai empuk, kemudian ditumis bareng bumbu-bumbu yang sudah dilafalkan di atas. Baru nanti daun singkong dimasukkan ke dalamnya. Dan saat matang, siap dinikmati.

 

  1. Pelencing Kangkung

Pelencing kangkung ialah makanan yang diubah dari kangkung dengan bumbu atau sambal pelencing. Namun kangkung khas Lombok ukurannya lebih banyak daripada kangkung wilayah lainnya.

Kangkung direbus sampai matang, lantas disuir-suir, baru kemudiandibaur dengan bumbu pelencing yang pedas khas Lombok. Makanan ini nikmatandai dimakan dengan nasi hangat.

Untuk merasakan makanan ini, lumayan mudah sebab sebagian besar tempatsantap di Kota Mataram maupun wilayah lainnya di Lombok. Makanan ini menjadi di antara makanan khas Lombok yang mesti dicoba.